Gapura Kembar Pertamina, konsep Menara Kebanggaan INDONESIA

Saya bingung harus mulai dari mana. Bermula ketika saya menjelajah ke blog Kementrian Desain Republik Indonesia, saya menumakan satu postingan mas Waditya yang dikut sertakan dalam kontes blog Pertamina. Disitu saya melihat suatu konsep arsitektur yang lauar biasa hebatnya dari seorang CEO KDRI ini, Wahyu Aditya.

Yah, sebuah konsep arsitektur yang dibuat mas Waditya ini membuat saya kagum. Konsep yang dibuatnya adalah Gapura Kembar Pertamina. Merupakan menara kembar yang dikarang mas Waditya untuk menunjukan pada dunia akan kokohnya Pertamina. Gak seperti negara sebelah yang mengaku tetangga itu, ini konsep yang berbeda.

Andai saja desain arsitektur ini benar-benar dibuat, pasti bisa mengalahkan si tetangga yang bisa merubah pamornya hanya dengan 2 gedung kembar yang konsepnya sendiri bukan dari warga negaranya.

[logomenarapertamina.jpg]

Icon Menara Gapura Pertamina

[menarapertamina.jpg]

Insya Allah jika dibangun🙂

Nilai positif yang bisa saya ambil dari konsep Gapura Kembar Pertamina ini, yaitu :

Pertama, Gapura mempunyai nilai filosofi budaya Indonesia yang sangat tinggi. Gapura dalam masyarakat Indonesia melingkupi tentang masa lampau & masa depan. Ini sangat sejalan dengan filosofi terakhir sang proklamator kita yang sangat mendunia, Bung Karno, Jangan Lupakan Sejarah !!! (Jas Merah). Karena di masa yang miskin pemimpin hebat ini tentunya akan membangkitkan jiwa yang cinta pada sejarah di seluruh elemen masyarakat, terutama pemerintah.

Kedua, bisa menjadi destinasi wisata Indonesia yang baru, walaupun di postingan asli mas Waditya menampilkan konsep brilian ini sebagai ikon Jakarta. Sebenarnya saya tidak setuju dengan gagasan mas Waditya ini Kenapa ? tentu itu akan membuat daerah lain merasa iri & terkesan ada sentraisasi pembangunan yang disitu-situ aje. Kita misalkan jika konsep Gapura Kembar ini dibangun di Kalimantan, tentu akan banyak peluang pekerjaan (pariwisata) di luar pulau Jawa yang bisa menjadi ikon baru Indonesia di bumi Allah Kalimantan.[logo-enjoy-jakarta.jpg]

[enjoyjakarta.jpg]

Ketiga, kali ini saya sependapat dengan Mas Waditya yang ingin menegaskan 6 nilai yang memang sudah terpatri di korporasi Pertamina ke masyarakat luas yaitu Clean, Customer Focused, Confident, Capable, Competitive dan Commercial.
Lihat deskripsi lebih luas tentang 6 nilai Pertamina di sini.

[sixvalues.jpg]

Keempat, coba tengok negara lain dengan politik gedung-gedung megah sebagai ikon negaranya. Terutama negara bawahan British yang menggunakan bangunan hebat untuk memudahkan masyarakat dunia mengenalnya. Australia dengan Opera House nya, Singapura dengan Merlion nya, Melesia dengan Menara Petromak nya, bahkan Inggris sendiri dengan Big Ben clock nya.

[perbandingan.jpg]

Dan ini yang terakhir dari konsep Mas Waditya untuk memajukan Pertamina, iklan di jersey tim terkenal seperti Manchaster United. Supaya masyarakat dunia tahu akan eksistensi sebuah korporasi besar dari Indonesia.

[rooney.jpg]

Hehehe padahal baru konsep tapi di kritik nya sudah seakan benar akan dibangun d^^,

https://i0.wp.com/images.detik.com/content/2010/05/05/10/dpr-dalam.jpg

Harapan saya sebagai pemuda yang cinta Indonesia : Semoga mereka (wakil rakyat) mendengar konsep yang begitu masterpis ini untuk merubah citra negara tercinta ini. Jangan hanya gedung baru DPR yang dipentingkan, ini jauh lebih penting !!!

About tommywahyuutomo

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, BEM FIB UI divisi Media Kreatif & anggota ISJUI.

Posted on Oktober 15, 2011, in Cool Stuff, Dear Gov, Nasionalisme and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: