Apple Stoer, Apple Store Palsu buatan China

Mungkin setelah Anda membaca judul di postingan ini anda akan berkata, “Pasti pemilik blog ini salah nulis judul “. Yah begitulah adanya, ketika kemarin saya blogging di WordPress. Seperti biasa log in di wordpress pasti kita akan menemukan kolom Freshly Pressed dimana kolom itu adalah blog yang memiliki postingan terhangat di wordpress saat ini. Yah bagi Anda pengguna WordPress pasti tahu akan hal itu.

Salah satu berita yang ada di kolom Freshly Pressed membuat saya terkejut. Sebuah postingan berjudul Are You Listening, Steve Jobs ? membuat saya penasaran. Ternyata seorang bloger yang tinggal di Kota Kunming, Provinsi Yunan, China, yang mencoba sharing beberapa pengalamannya menemukan toko Apple Store palsu di sana.

Dalam beberapa postingan di blognya ia menceritakan pengalamannya, bahkan disertai bukti video & gambar untuk meyakinkan para pembacanya. Hebatnya, produk-produk yang di jual di Apple Stoer (fake Apple Store) itu benar-benar mirip dengan produk-produk asli buatan Apple. Mulai dari iPod, iPhone, iPad hingga Macbook. Kardus-kardus pembungkus produknya pun demikian.

Tak hanya itu, desain interior Apple Stoer tersebut terkesan mirip sekali dengan desain Layout Apple Store pada umumnya. Hal ini diperkuat dengan para pelayan toko yang memakai kaos biru berlogo Apple dengan name tag khas Apple, Apple chunky, di leher mereka. Tapi yang membuat penulis blog ini tidak yakin adalah desain tangga di Apple Stoer yang kurang meyakinkan & juga tembok yang terkesan di cat asal-asalan. Dan penulis blog itu pun makin curiga, karena biasanya Apple Store yang asli hanya terdapat di Beijing ataupun Shanghai.

Penulis blog tersebut pun, sempat mengambil gambar & video di Apple Stoer tersebut. Tapi tak berapa lama kemudian 2 penjaga di dalam toko beserta 3 petugas keamanan melarangnya & menyuruhnya untuk berhenti berfoto dengan Apple Stoer tersebut. Hal ini karena bos mereka yang menyuruhnya.

Teman-teman bisa melihat foto-foto lainya di blog :

http://birdabroad.wordpress.com/2011/07/20/are-you-listening-steve-jobs/

About these ads

About tommywahyuutomo

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, BEM FIB UI divisi Media Kreatif & anggota ISJUI.

Posted on Juli 23, 2011, in TechnoNews and tagged . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Wah parah banget nih, pelanggaran hak cipta yang bener-bener parah..

    • yah kalo di China kan biar sudah ada undang-undang tetep aja banyak mas, gak sesuai realitanya… hehehhe btw makasih atas kunjungannya mas, salam kenal d^_^b

  2. haha
    gilak dah fitnah nya..
    coba anda2 liat foto ke2 dari bawah, jelas2 nulisnya apple store kok.
    gak mungkin pemerintah sana gak bertindak atas kejadian tersebut (kalo emang benar)

Tinggalkan komentar :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: